Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah polulasi 342 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII- E berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 66,00 dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, dengan nilai ratarata siswa menelaah struktur teks persuasi secara keseluruhan sebesar 85,1, dan nilai rata-rata menyebutkan kaidah kebahasaan teks persuasi sebesar 51,2. Sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 91,80 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi KKM, dengan nilai rata-rata siswa menelaah struktur teks persuasi secara keseluruhan sebesar 94,9, dan nilai rata-rata menyebutkan kaidah kebahasaan teks persuasi sebesar 89,4. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung<Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1128 < 0,1593), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1175 < 0,1593). Hasil uji homogenitas kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi siswa adalah Fhitung < Ftabelyakni 2,07 < 4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabelyaitu 12,22> 2,040 sehingga hipotesis hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pair checks memiliki pengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.