Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan daring berdasarkan perencanaan dan operasional guru dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19 pada SD Negeri Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 30 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk guru berdasarkan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan daring berdasarkan perencanaan dan operasional guru dalam proses pembelajaran pada aspek context memperoleh presentase sebesar 70,24% dan aspek input dengan presentase sebesar 78,57% termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan, pada aspek process memperoleh presentase sebesar 34,52% dan aspek product dengan presentase 48,57% termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian, rata-rata dari perhitungan secara keseluruhan dari masing-masing aspek telah dikategorikan rendah, karena hanya memperoleh hasil pencapaian dengan presentase 57,97%. Simpulan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa berdasarkan perolehan skor guru secara keseluruhan dapat dikatakan tidak berhasil atau tidak berjalan dengan semestinya. Hal demikian terjadi karena perolehan dari aspek process dan product tidak berjalan secara maksimal, karena pada dasarnya keempat aspek ini saling berkesinambungan. Dengan demikian, perlu ditinjau ulang dimaksudkan untuk memahami, menggali, serta mengkoreksi sehingga ditemukan celah-celah kekurangan yang harus diperbaiki dan ditutupi terkait pelaksanaan daring dalam proses pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.