Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (eksperimental research) dengan desain Quasi Eksperimen Design yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal pilihan ganda dan instrument non tes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest antara kedua kelas yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen 81,96 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 70,83. Uji hipotesis pada posttest dengan menggunakan Uji t yang menghasilkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi 5,948>1,999 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) pada pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.