Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Tentang Teknik Kancing Gemerincing Pada Proses Pembelajaran Tematik Di SD Se-Kecamatan Gunung Meriah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas dari SD Se-Kecamatan Gunung Meriah yang terdiri dari 6 sekolah sebanyak 36 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) persepsi guru tentang teknik kancing gemerincing dalam proses pembelajaran tematik dari segi skor yang diperoleh dikategorikan baik dengan rata-rata skor jawaban kuesioner yaitu 4,1. (2) Ditinjau dari jumlah persentase pada indikator kognitif diperoleh sebanyak 21,63% guru sangat setuju dan sebanyak 70,64% guru setuju pada indikator ini, artinya guru memliki pengetahuan yang tinggi tentang teknik kancing gemerincing. (3) Berdasarkan indikator afektif dapat disimpulkan bahwa sebanyak 22,22% guru sangat setuju dan 64,48% guru setuju pada indikator ini, artinya guru memiliki sikap atau keyakinan yang tinggi tentang teknik kancing gemerincing (4) Berdasarkan indikator konatif dapat disimpulkan bahwa 33,73% sangat setuju dan 64,48% setuju pada indikator ini, artinya guru memiliki kecenderungan yang tinggi untuk melaksasanakan pembelajaran teknik kancing gemerincing. Dengan demikian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang teknik kancing gemerincing dalam proses pembelajaran tematik dikategorikan baik.