Pengaruh Metode Pembelajaran Brainwriting terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 168 siswa, dari populasi tersebut ditetapkan 32 siswa kelas VIII-E sebagai sampel penelitian yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk eksperimen one-group pre-test and post-test design. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran brainwriting masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 62,69. Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan metode pembelajaran brainwriting masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82,81. Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran brainwriting berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi, maka dilakukan uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas dengan ketentuan Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan = 0,05 diketahui bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji normalitas data pre-test adalah 0,133 < 0,156 dan hasil uji normalitas data post-test adalah 0,127 < 0,156. Hasil uji homogenitas juga menunjukkan bahwa sampel penelitian berasal dari populasi yang homogen di mana Fhitung < Ftabel yakni 1,93 < 4,17. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,635 > 1,697, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2019/2020.