Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Media Film Animasi oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita fantasi menggunakan media film animasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan tahun pembelajaran 2019/2020, yang berjumlah 223 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling atau acak kelas. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII F dengan jumlah 31 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, kemampuan menulis cerita fantasi menggunakan media film animasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 dikategorikan baik dengan memperoleh nilai 77,10. Sebanyak 8 orang atau 20,80% berada dikategori baik sekali, 21 orang atau 67,75% berada dikategori baik, 2 orang atau 6,45% berada dikategori cukup, dan 0 orang atau 0% berada dikategori kurang atau sangat kurang. Kemampuan siswa pada aspek kemampuan penyusunan struktur cerita fantasi tergolong baik dengan ratarata 83,05, aspek kemampuan mendeskripsikan unsur cerita fantasi tergolong baik dengan rata-rata 80,68, dan aspek kemampuan menggunakan kaidah kebahasaan cerita fantasi tergolong baik dengan rata-rata 50. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam menulis cerita fantasi menggunakan media film animasi dipengaruhi oleh kemampuan siswa mengimplementasikan struktur, unsur dan kaidah kebahasaan cerita fantasi dengan baik pada cerita fantasinya. Faktor pembendaharaan kata, imajinasi, minat membaca fiksi juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi.