Kemampuan Memproduksi Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis teks biografi berdasarkan aspek isi, struktur, kaidah kebahasaan, kosa kata dan mekanik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 dengan total jumlah sampel adalah 30 orang siswa. Sampel tersebut diambil secara acak dari 120 orang siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Instrumen penilaian teks biografi yang digunakan untuk memperoleh gambaran kemampuan memproduksi teks biografi siswa merupakan instrumen yang sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk dapat memperoleh data penelitian, penulis meminta siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini untuk memproduksi teks biografi. Perolehan skor pada aspek isi dari 30 orang sampel adalah = 490 dengan rata-rata nilai adalah 16, 33 dan persentase kemampuan rata-rata siswa adalah 81% yaitu pada kategori baik. Skor yang diperoleh siswa pada aspek struktur teks adalah = 378. Dengan rata-rata nilai adalah 12,6. Presentase kemampuan rata-rata siswa adalah 70,8% yaitu pada kategori cukup. Skor pada aspek kaidah kebahasaan adalah 425. Dengan rata-rata nilai adalah 14,16. Presentase kemampuan rata-rata siswa adalah 70% yaitu pada kategori cukup. Skor keseluruhan siswa pada aspek kosa kata adalah = 482. Dengan rata-rata nilai adalah 16,6. Persentase kemampuan rata-rata siswa pada aspek kosa kata adalah 80,3 %. Skor keseluruhan siswa pada aspek mekanik adalah = 450. Dengan ratarata nilai adalah 15. Persentase kemampuan siswa pada aspek mekanik adalah 75 % yang masuk pada kategori baik. Pada penelitian ini, ditemukan sebanyak 8 orang siswa yang berada pada kategori tidak tuntas dan sebanyak 22 orang siswa yang berada pada kategori tuntas. Selanjutkan pada klasifikasi kentuntasan klasikal, berdasarkan hasil perhitungan persentase ketuntasan diperoleh 73,33%, maka secara klasikal kemampuan memproduksi teks biografi siswa kelas X IPS1 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dapat disimpulkan tuntas.