Model Permainan Bola Besar Berbasis Multilateral di Sekolah Dasar
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengembangkan Model Permainan Bola Besar berbasis Multilateral di Sekolah Dasar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa SD N 091542 Kec.Hutabayuraja. Model Permainan Bola Besar berbasis Multilateral di Sekolah Dasar yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi oleh 2 orang ahli, 1 Dosen Ahli bola voli, dan 1 guru pendidikan jasmani, dimana persentase validitasnya adalah 83%-100%. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) Hasil uji kelompok kecil melibatkan 19 siswa SD N 091542 Kec.Hutabayuraja. Hasil persentase validitas dengan nilai 51,81% menunjukkan desain pada uji kelompok kecil model permainan bola besar berbasis multilateral ini dikategorikan cukup baik dan kurang valid untuk digunakan pada tahap uji coba setelah perbaikan, karena persentase antara 47% - 64%. Hasil uji kelompok besar melibatkan 38 siswa SD N 091542 Kec.Hutabayuraja. Hasil persentase validitas dengan niai 83,63% menunjukkan bahwa desain pada uji kelompok besar model permainan bola besar berbasis multilateral ini dikategorikan sangat baik dan valid untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa Model Permainan Bola Besar Berbasis Multilateral di Sekolah Dasar ini sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam permainan bola besar, agar Model Permainan Bola Besar berbasis multilateral di Sekolah Dasar dapat membantu guru di dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara efektif dan efesien.