Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran tematik di Sekolah Dasar serta penggunaan model pembelajaran guru yang kurang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tematik PART (papan ruang tematik) berbasis contextual teaching and learning pada tema energi dan perubahannya yang layak untuk Kelas III SDN 107399 Bandar Khalipah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan enam langkah yang telah dimodifikasi dari Borg and Gall 1989, dengan langkah pengembangan yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validitas materi dan media, uji lapangan, dan produk akhir. Media divalidasi pada aspek materi dan media yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan subjek uji coba dibatasi hanya kepada guru wali kelas III sebagai responden, mengingat menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk pada lokasi penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipatif dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kelayakan media yang tinggi dengan skor perolehan 4,7 masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 4,7 masuk kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian guru sebagai responden memperoleh skor 5 masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perolehan skor tersebut media dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik, khususnya pada tema “Energi dan Perubahannya” subtema 2 “Perubahan Energi” pembelajaran ke 6.