Daftar Isi:
  • Tidak berjalannya komponen sistem pembelajaran dengan baik yakni kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang menarik disertai pembelajaran yang monoton membuat siswa menjadi tidak tertarik pada proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang optimal yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi belum dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 67. Sehingga tujuan pembelajaran belum dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) pada tema 7 subtema 3 di kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pengamatan siswa dan guru dan alat evaluasi berupa tes pilihan ganda. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat berdasarkan jumlah siswa yang tuntas pada nilai akhir setiap siklusnya. Standar ketuntasan klasikal yang digunakan adalah 85% dengan nilai ketuntasan minimal sebesar 67. Berdasarkan hasil penelitian, pada saat pre test jumlah siswa yang tuntas adalah 4 siswa atau 18,18% dengan nilai rata-rata 54,77. Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas adalah 12 siswa atau 54,54%, dengan nilai rata-rata 66,72 dan pada siklus II meningkat lagi dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 21 siswa atau 95,45% dengan nilai rata-rata 88,54. Dengan demikian, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada penggunaan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Pada Tema 7 Subtema 3 di Kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan T.A 2019/2020.