Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL (Problem Based Learning) oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini dinyatakan dalam bentuk situasi social. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti langkah Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif penerapan model Problem Based Learning oleh guru dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur fabel pada kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penghitungan, diketahui bahwa guru A mendapatkan nilai 93,33 % atau dikategorikan sangat baik. Dan guru B mendapatkan nilai 86,6 % atau dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa Guru bahasa Indonesia A dikategorikan sangat baik dan bahasa Indonesia B dikategorikan baik. Hal itu didasarkan pada perhitungan yang telah dilakukan terhadap hasil observasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh kedua guru tersebut.