Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa sebelum penggunaan teknik transformasi cerpen. Tujuan yang kedua untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa setelah penggunaan teknik transformasi cerpen. Tujuan ketiga untuk mengetahui pengaruh teknik transformasi cerpen dalam pembelajaran menulis naskah drama. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas atau random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil kemampuan menulis naskah drama siswa sebelum dan setelah menggunakan teknik transformasi cerpen. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 62,5, dengan standar deviasi 14,97. Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) adalah 76,11 dengan standar deviasi 12,30. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa nilai rata-rata menulis naskah drama setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t” dengan hasil thitung= 14,79 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5%=2,03. Karena uji hipotesis t yang diperoleh lebih besar dari , yaitu 14,79 > 2,03, maka hipotesis diterima. Jadi, teknik transformasi cerpen berpengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa.