Analisis Lapses, Error, and Mistake pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai analisis Kesalahan Berbahasa berdasarkan teori Corder yaitu: Lapses, Error, and Mistake pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Onan runggu sebanyak 90 siswa. Peneliti menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini ialah kelas VII-I. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Huberman yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kesalahan Lapses yang terjadi pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2020/2021 adalah 34 kesalahan lapses (04%), Kesalahan Error yang terjadi pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2020/2021 adalah sebanyak 538 kesalahan (76%). Kategori kesalahan error pada analisis teks deksripsi ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu temuan error yang didasarkan pada kesalahan pemakaian huruf mencapai 70 item atau 13%, temuan error yang didasarkan pada kesalahan penulisan kata mencapai 215 item atau 40%, temuan error yang didasarkan pada pemakaian tanda baca mencapai 225 item atau 42%, temuan error yang didasarkan pada penulisan unsur serapan mencapai 28 item atau 05%. Kesalahan Mistake yang terjadi pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebanyak 135 kesalahan(20%).