Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Write around terhadap kemampuan menulis teks narasi. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan dengan populasi 162 siswa. Sampel diambil secara acak dan di dapat kelas VII-B (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan desain penelitian post test only design. Perlakuan yang diberikan berupa model pembelajaran Write Around di kelas ekperimen dan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol. Kemampuan menulis teks narasi saat menggunakan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 63,8 (termasuk dalam kategori kurang). Sedangkan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model pembelajaran Write Around (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 78,1 (termasuk dalam kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan uji “t”diperoleh nilai t0 = 5,60. Setelah t0 diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan df=N-1 = 32-1 = 31, maka akan diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar daripada Ttabel yaitu 5,60 > 2,04, maka hipotesis nilai (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Write Around lebih efektif digunakan dibandingkan model ekspositori terhadap kemampuan siswa menulis teks narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.