Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini difokuskan pada bagaimana kemampuan guru dalam pembelajaran online pada pandemi covid-19 di sekolah SD Swasta Teladan Medan, yaitu pengetahuan guru dalam pembelajaran online. Sikap guru mengenai pembelajaran online, dan kesiapan guru dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru pada pandemi covid-19 di sekolah SD Swasta Teladan Medan. Kemampuan guru yang dimaksud adalah berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan kesiapan guru dalam pembelajaran online pada pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Dimana sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh guru yang berada di sekolah SD Swasta Teladan Medan yang berjumlah 22 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang berjumlah 20 item. Hasil penelitian ini bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran online dapat 50,41% yang tahu dan paham mengenai pengetahuan guru dalam pembelajaran online, 54,54% sikap guru mengenai pembelajaran online sangat mempengaruhi kemampuan guru dalam pembelajaran terkhusus pada pandemi covid-19, 75,4% kesiapan guru dalam pembelajaran online bisa bekerja sama dengan peserta didik dan orang tua/wali dalam penyelenggaraan pembelajaran secara online. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran online pada pandemi covid-19 yang lebih dominan adalah pada kesiapan guru dalam pembelajaran online.