Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia, Kelurahan Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia yang berjumlah 30 orang siswa. sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik sample total. Instrumen yang digunakan untuk variabel Intensitas Penggunaan Smartphone (X) adalah angket tertutup dengan skala likert dan untuk variabel Hasil Belajar siswa (Y) adalah menggunakan pemberian soal matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Intensitas Penggunaan Smartphone SD Negeri 101766 Bandar Setia termasuk dalam kategori sengan dengan nilai rata-rata sebesar 74,40. Hasil belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,66 Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai xy>rtabel atau 0,7976>0,361 (a=0,05) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,588 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel terhadap (a=0,05) sebesar 1,697 artinya thitung > ttabel 6,9970 > 1,697 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi "Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A. 2020/2021" diterima.