Analisis Keefektifan Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Di Kelas V SD Negeri 17 Tomok
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran e-Learning terhadap hasil belajar siswa tema 7 sub tema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V SD Negeri 17 Tomok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 17 Tomok dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data keefektifan pembelajaran e-learning dan hasil belajar siswa tema 7 sub tema 1 peritiwa kebangsaan masa penjajahan dengan menggunakan angket skala likert yang berjumlah 25 butir pernyataan yang sudah divalidkan oleh dosen ahli dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis keefektifan pembelajaran e-learning dikategorikan efektif dengan perolehan 75,72%. Dilihat dari altenatif jawaban keefektifan pembelajaran e-learning di kelas V SD Negeri 17 Tomok dalam indikator Sikap termasuk dalam kategori sangat efektif (80,93%), Kemampuan memahami pengajaran termasuk dalam kategori efektif (77,86%), Ketekunan termasuk dalam kategori efektif (71,87%), Peluang termasuk dalam kategori efektif (75,78%), Kualitas pengajaran termasuk dalam kategori efektif (72,18%). Sementara pada data nilai hasil belajar siswa tema 7 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dengan perolehan 80,1875 termasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat di analisis bahwa keefektifan pembelajaran e-learning efektif terhadap hasil belajar siswa tema 7 sub tema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V SD Negeri 17 Tomok.