Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya tuntutan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bagi Guru yang mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik Guru di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Datuk Lima Puluh T.A 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru yang ada di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Datuk Lima Puluh. Sampel penelitian terdiri dari Guru yang mengajar di kelas 1-6 sebanyak 36 Guru dari 6 Sekolah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Datuk Lima Puluh sudah terlaksana dengan baik. Tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Datuk Lima puluh dilihat dari ke-3 indikator pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu berdasarkan indikator perencanaan persentase 99,98% (70,08% selalu; 26,06% sering; 3,84% pernah), indikator pelaksanaan persentase 98,93% (selalu 57,28%; sering 36,10%; pernah 5,55%), indikator evaluasi persentase 99,98% (selalu 70,83%; sering 24,99%; pernah 4,16%). Jika dilihat juga dari data analisis secara keseluruhan persentase 99,64% (Selalu 65,21%; sering 30,10%; pernah 4,33%).