Pengembangan Media Puzzle pada Pembelajaran Teks Deskripsi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media puzzle pada pembelajaran teks deskripsi dan mengetahui kelayakan media puzzle pada pembelajaran teks deskripsi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall yaitu enam tahap model pengembangan yang terdiri dari a)analisis potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain dan f) ujicoba produk. Penilaian produk didasarkan kualitas media, kualitas materi, respon guru mata pelajaran bahasa Indonesia, serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan media puzzle menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dalam pembuatan produk puzzle. (2) Hasil validasi ahli desain media menunjukkan bahwa media dinyatakan layak dengan pemerolehan presentase rata-rata 81,11% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil validasi ahli materi dinyatakan layak dengan pemerolehan presentase rata-rata 89,25% dengan kriteria “sangat baik”. Penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 27 Medan memperoleh persentase sebesar 88,33% dengan kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 88,75% dengan kriteria “sangat baik”, selanjutnya hasil uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 92,64% dengan kriteria “sangat baik”. Rerata dari keempat persentase penilaian tersebut ialah sebesar 87,34%yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil presentase tersebut menunjukkan bahwa media puzzle tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran pada teks deskripsi untuk siswa kelas VII.