Persepsi Guru Tentang Strategi Foxfire Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang strategi Foxfire dalam proses pembelajaran tematik di kelas tinggi Sekolah Dasar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas tinggi SD Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 39 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 25 butir pernyataaan yang sudah divalidkan oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru tentang strategi Foxfire dalam proses pembelajaran tematik di kelas tinggi SD Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 4,01. Selanjutnya pada indikator kognitif lebih banyak memilih setuju sebesar 60,89%, untuk indikator afektif lebih banyak memilih setuju sebesar 71,53% dan untuk indikator konatif lebih banyak memilih setuju sebesar 77,65%. Berdasarkan analisis persentase alternatif jawaban guru tiap indikator dapat dilihat bahwa persepsi guru pada strategi Foxfire dalam proses pembelajaran tematik di kelas tinggi termasuk dalam kategori baik.