Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa Kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang T.A 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri 101964 Jaharun A Kecamatan Galang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data lingkungan sekolah (X) dan minat belajar (Y) menggunakan angket skala gutmann. Dan analisis statistik dengan menggunakan product moment dengan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif data lingkungan sekolah yang dilakukan termasuk sedang dengan skor rata-rata sebesar 19,84. Sedangkan minat belajar siswa kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 30,09. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,689 > rtabel = 0,349 (α = 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut terdapat korelasi dengan arah positif. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 7,167 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05 sebesar 2,042 artinya thitung > ttabel yaitu 7,167 > 2,042. Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang T.A 2020/2021 terbukti kebenarannya dan dapat diterima”.