Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV di SDN 8 Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah minimnya ketersedian media pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik dan kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal ini menyebabkan kurang optimalnya proses pembelajaran di kelas yang dibuktikan dengan kurangnya minat belajar siswa, dimana siswa merasa jenuh dan bosan saat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV di SD Negeri 8 Kebayakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket penilaian kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 ini sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh data jumlah persentase kelayakan sebesar 85,33% dengan kualifikasi “sangat valid”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh data jumlah persentase kelayakan sebesar 95% dengan kualifikasi “sangat valid”. Pada uji coba oleh praktisi pendidikan atau guru diperoleh data jumlah persentase kelayakan sebesar 96% dengan kualifikasi “sangat valid”. Dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan jika dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis powtoon yang dikembangkan ini secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi “sangat valid” dan dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.