PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MOUSE MISCHIEF BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA PAB 34 PATUMBAK T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran mouse mischief terhadap hasil belajar tematik siswa pada tema 3 subtema 2 kelas IV SD Swasta PAB 34 Patumbak T.A 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dalam menggunakan media mouse mischief terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Swasta PAB 34 Patumbak T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eskperimental design dengan jenis one group pretest posttest design. Dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa di SD Swasta PAB 34 Patumbak. Objek penelitian ini adlaah pengaruh penggunaan media mouse mischief terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV pada tema 3 subtema 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yatu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan media mouse mischief berbasis audio visual terdapat pengaruh. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media mouse mischief berbasis audiovisual pada taraf signifikan 0,05 didapat thitung > ttabel dimana thitung sebesar 33,5 dan nilai taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,04. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar tematik siswa pada tema 3 subtema 2 dengan menggunakan media pembelajaran mouse mischief berbasis audiovisual di kelas IV SD Swasta PAB 34 Patumbak T.A 2019/2020.