Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran berbasis website, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pengumpulan dan penyajian data (Subpelajaran 2 penyajian data), dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen desain pra eksperimen one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Methodist 9 Medan yang berjumlah 37 siswa, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data dilakukan dibantu dengan menggunakan excel yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik menggunakan uji L liliefors, uji F, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata pretest (49,62) sedangkan posttest (78,70) pada taraf signifikan (α = 0,05) maka diperoleh hasil normalitas pretest itu L0 < Ltabel (0,082 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Demikian juga dengan hasil yang diperoleh dalam posttest yaitu L0 < Ltabel (0,084 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Hasil homogenitas yang diperoleh adalah Fhitung < Ftabel = 2,33 < 4,13 maka varian bersifat homogen. Penggunaan media pembelajaran berbasis website dikelas V SD Methodist 9 Medan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,70. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) t_hitung (5,492)> t_tabel (2,03), sehingga Ha diterima yaitu “adanya pengaruh yang positif dari pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021”.