Pengembangan Media Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Adobe Flash Pada Tema Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash pada Tema Ekosistem Subtema Keseimbangan Ekosistem Pembelajaran 1 di Kelas V SD Ngeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash pada Tema Ekosistem Subtema Keseimbangan Ekosistem Pembelajaran 1 di Kelas V SD Ngeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan model 4D yang terdiri atas tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa Kelas V SD Negeri No. 122350 Kota Pematangsiantar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil akhir validasi media oleh validator ahli media dan ahli materi masing-masing 96,25% dan 90% dengan perolehan skor masing-masing adalah 77 dan 72 yang tergolong kategori sangat valid. Hasil praktikalitas penggunaan media diukur dengan angket respon guru dan respon siswa dengan perolehan skor masing-masing 54 dan 338 dengan perolehan rata-rata 90% dan 84,5% yang tergolong sangat praktis. Efektivitas media diukur dengan hasil post test siswa pada saat dilakukan uji coba di mana diperoleh hasil bahwa kesepuluh orang siswa memperoleh nilai yang tuntas mencapai KKM. Dengan hasil 100% siswa yang mencapai KKM maka media dinyatakan efektif dengan ketentuan apabila hasil belajar siswa (post test) menunjukkan 85% siswa mencapai angka KKM, yaitu 75.