Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Keterampilan Berbahasa Melalui Pembelajaran Daring Kelas V di SDN 067776 Simalingkar B, Medan Sumatera Utara T.P 2020/2021. Adapun keterampilan berbahasa di maksud adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui instrumen penelitian seperti wawancara, angket, dan observasi terhadap guru dan siswa untuk menilai efektivitas pembelajaran keterampilan bahasa. Setiap instrumen penilaian berbahasa berisi indikator keterampilan berbahasa, kemudian ditabulasikan dan diberi skor untuk dianalisis berdasarkan kategori efektivitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas keterampilan menyimak 62,5%, keterampilan berbicara 55%, keterampilan membaca 60,93%, dan keterampilan menulis 59,73%. Rata-rata skor keterampilan berbahasa adalah 59,73% yang dikategorikan sebagai kurang efektif. Hasil ini dikonfirmasi dengan hasil wawancara bersama guru dan siswa kelas VA dan VB. Guru telah berupaya mengajarkan keempat keterampilan berbahasa melalui sistem pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan perangkat dan media pembelajaran, namun masih menghadapi berbagai kendala seperti jaringan, perangkat yang kurang memadai, dan masalah kelelahan fisik, sehingga efektivitas pembelajaran bahasa belum mencapai hasil yang maksimal. Disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran keterampilan berbahasa secara daring di kelas V di SDN 067776 Simalingkar B Medan masih tergolong rendah atau kurang efektif.