ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 101964 JAHARUN A KECAMATAN GALANG T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya tuntutan pada era industri 4,0 dan penerapan K13 bagi peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN 101964 Jaharun A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA sebanyak 37 orang siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa yang memiliki alat komunikasi handphone dan sosial media whatsaap sebanyak 28 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samplimg. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan uji kecenderungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 orang siswa hanya 3 orang siswa yang berada pada kategori kemampuan berpikir sangat tinggi. 7 orang siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, 5 orang siswa berada pada kategori rendah dan 6 orang siswa berada pada kategori sangat rendah. Dilihat dari indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, sebanyak 65% peserta didik mampu mencapai tahapan kemampuan menganalisis, 42% peserta dididk mampu menjawab soal pada tahapan kemampuan mengevaluasi dan 34% pada tahap kemampuan mencipta. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami maksud dari soal menjadi kendala dalam penyelesaian soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan perolehan data tesrsebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V belum memiliki kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi.