Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita yang layak dan efektif bagi peserta didik kelas V SD. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan data tes. Dari hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi, ahli desain, dan ahli praktisi menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) ini adalah valid. Persentase rata-rata dari hasil validasi materi menunjukkan 85% menyatakan sangat layak, hasil validasi oleh ahli desain menunjukkan 78% menyatakan layak, dan validasi oleh ahli praktisi menunjukkan 87% sangat layak. Dalam nilai hasil belajar peserta didik kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur pada saat Pretest dan Postest mengalami perbedaan, rata-rata nilai pre-test adalah 49,5 dan rata-rata nilai post-test adalah 89,96%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil post-test peserta didik lebih bagus dari pada nilai pre-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS).