Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesulitan belajar siswa secara internal siswa dalam memahami materi pembelajaran dan secara eksternal siswa dalam memperoleh sumber belajar pada masa Pandemic Covid 19 saat ini. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III di SD Negeri 106146 Muliorejo. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menyebar angket dan dokumentasi dan instrument penelitian yaitu angket disertai dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas III SD Negeri 106146 Muliorejo dari faktor internal berupa kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yakni rata-rata 54,56% artinya lebih dari setengah jumlah siswa mengalami kesulitan belajar dalam hal pemahaman materi maupun kurang adanya kesiapan dari dalam dalam diri siswa dalam proses pembelajaran secara daring. Kemudian selebihnya 45,44% atau kurang dari setengah jumlah siswa tidak mengalami kesulitan dalam hal memahami materi dan sudah siap dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Dari faktor eksternal berupa kesulitan belajar dalam memperoleh sumber belajar yakni rata-rata 46.67% artinya kurang dari setengah jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam memperoleh sumber belajar baik dari rumah maupun dari sekolah. Baik perhatian dari orang tua maupun dari guru. Kemudian selebihnya 53,33% atau lebih dari setengah jumlah siswa tidak mengalami kesulitan dalam memperoleh sumber belajar. Sebenarnya siswa memiliki minat dan semangat belajar yang tinggi untuk belajar bisa dilihat dari poin 1, 2, 4, 5, 6, 7, dan 12 namun karna proses pembelajaran online, siswa kelas III SD Negeri 106146 Muliorejo merasa kesulitan ketika memahami dan berinteraksi dalam proses pembelajaran yang diberikan guru melalui aplikasi belajar online yang disebabkan beberapa faktor internal dan eksternal siswa.