Pengembangan Model Pembelajaran ICLCICA Berbasis Hypercontent Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran baru guna menjawab tantangan pembelajaran dalam masa pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) dan perkembangan teknologi informasi. Tahapan model pembelajaran baru ini menawarkan pendahuluan, koneksi, sumber belajar, kolaborasi, independen, perayaan dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan model pembelajaran ICLCICA berbasis hypercontent pada mata pelajaran fisika kelas X Sekolah Menengah Atas, dan (2) keefektifan model pembelajaran ICLCICA berbasis hypercontent pada mata pelajaran fisika kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model pembelajaran dengan mengikuti sistematis langkah-langkah model pengembangan Borg dan Gall yang mengusulkan aplikasi QR Code pada smartphone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) IPA semester 1 (ganjil) mata pelajaran fisika SMA di Kota Medan. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode sampling klaster dua tahap (two-stage cluster sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Medan, kelas X-MIA 7 SMA Negeri 13 Medan, dan X-IPA 1 SMA Negeri 21 Medan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Medan, kelas X-MIA 8 SMA Negeri 13 Medan, kelas X-IPA 2 SMA Negeri 21 Medan sebagai kelas kontrol dengan total 180 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis reflektif untuk menguji kelayakan, sedangkan untuk menguji keefektifan digunakan uji t independen. Penelitian ini menghasilkan empat buah produk, yaitu buku desain model, buku bahan ajar (modul), buku panduan guru, dan buku panduan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran ICLCICA berbasis hypercontent pada mata pelajaran fisika kelas X Sekolah Menengah Atas dianggap layak berdasarkan hasil uji kelayakan terhadap keempat produk oleh para validator ahli, (2) model pembelajaran ICLCICA berbasis hypercontent pada mata pelajaran fisika kelas X Sekolah Menengah Atas dianggap efektif berdasarkan hasil uji t dan interpretasi N-Gain Score menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa.