Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan, dan 4) keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan buku siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PMR dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) terdapat peningkatan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari: a) penilaian validator, b) wawancara respon siswa, c) wawancara respon guru, dan d) keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan 4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan hasil belajar secara klasikal, b) ketercapaian tujuan pembelajaran, c) waktu pembelajaran, dan d) respon positif siswa.