Analisis Kesulitan Spasial Ability Siswa Berdasarkan Level Van Hiele Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smk Bima Utomo
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kemampuan spasial siswa dalam level Van Hiele dalam pembelajaran Berbasis masalah. (2) mengetahui letak kesulitan siswa dalam pemecahan masalah daya ruang dengan level Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Bima Utomo Batang Kuis. Objek penelitian ini adalah kemampuan spasial berdasarkan level Van Hiele dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan spasial kategori rendah mencapai 51,4%, sedangkan kategori sedang mencapai 34,3%, dan kategori tinggi mencapai 14,3%. Subjek pada kategori rendah mengalami kesulitan keterampilan Subjek S.01 (spatial ability rendah), pada Level 1 mengalami kesulitan keterampilan (soal nomor 1) dan kesulitan konsep (soal nomor 4), pada Level 2 mengalami kesulitan keterampilan, pada Level 3 dan Level 4 mengalami kesulitan prinsip. Subjek S.02 (spatial ability rendah), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 2 serta mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.03 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.04 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 3 dan mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.05 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.06 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pengguna, peneliti maupun guru lainnya untuk melakukan penelitian yang sama terkait analisis kesulitan spatial ability siswa berdasarkan level Van Hiele untuk menerapkan metode/model pembelajaran lainnya.