Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kualitas (valid, praktis, efektif) media pembelajaran flip book yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis siswa; 2) mengetahui peningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui media pembelajaran flip book yang dikembangkan; 3) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui media pembelajaran flip book yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 29 siswa kelas VII-A dan 23 siswa kelas VII-B di SMP Harapan 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran flip book berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemapuan penalaran dan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan berkualitas (valid, praktis, efektif); 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 0,30 dengan kriteria rendah dan pada uji coba II meningkat menjadi 0,4 dengan kriteria sedang; 3) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 0,30 dengan kriteria rendah dan pada uji coba II meningkat menjadi 0,4.