Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan spasial siswa setelah penerapan pembelajaran penemuan terbimbing berbasis website dan 2) Kesulitan siswa dalam pemecahan masalah spasial dalam pembelajaran penemuan terbimbing berbasis website. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah 32 siswa. Instrumen dalam proses pengumpulan data adalah pedoman wawancara dan tes pertanyaan spasial yang disusun di website. Studi ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa 1) Kesulitan menentukan jaring-jaring bangunan, 2) Kesulitan menentukan bentuk rotasi bangun, 3) Kesulitan memahami bentuk bangunan ruang, 4) Kesulitan prosedur kerja, 5) Tidak dapat menyebutkan luas bangunan, 6) Tidak memahami konsep diagonal. Kesulitan lain yang mempengaruhi hasil tes meliputi: 1) Soal yang ditampilkan tidak jelas, 2) Kecerobohan dalam memilih pilihan, 3) Lingkungan yang tidak kondusif dan 4) kesehatan siswa yang buruk