Daftar Isi:
  • Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku maupun kemampuan individu yang didapat dari proses pengalaman belajar itu sendiri. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal, salah satu faktor internal ialah kemandirian belajar. Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar individu yang didorong oleh sikap inisiatif dan bertanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugasnya sesuai kemampuannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101896 Kiri Hulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 116 orang dan sampel sebanyak 54 orang, instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis, uji hipotesis, uji korelasi serta koefisien determinasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, variabel X dan Y mempunyai persamaan regresi Y ̂ = 34,955 + 0,478X. Hasil perhitungan korelasi r sebesar 0.779, hasil uji signifikansi korelasi sebesar 0,000 < 0,05 yang berartikan signifikan. Hasil perhitungan koefisiensi determinasi menghasilkan rxy2= (0,779)2 x 100% = 0,6068, ini berarti sebesar 61% hasil belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dalam pembelajaran daring di kelas IV SDN 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021.