Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), data yang dianalisis berupa data kualitatif yang dikumpulkan secara langsung dari kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 1 SMA Parulian 1 Medan adalah 30 siswa diantaranya terdapat 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pertunjukan Musik Siswa Kelas X Mia 1 di SMA Parulian 1 Medan. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,5 dengan persentase ketuntasan siswa 50% atau sebanyak 15 siswa.Walaupun terdapat peningkatan persentase dalam materi pertunjukan musik tersebut namun secara keseluruhan siswa belum berhasil dalam memahami materi pertunjukan musik tersebut. Setelah pelaksanaan siklus II, nilai siswa mengalami peningkatan dengan hasil yang memuaskan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat yang sebelumnya 70,5 menjadi 82,4 dengan persentase ketuntasan siswa keseluruhan 90% atau sebanyak 27 siswa. Berdasarkan data ini pula dapat disimpulkan bahwa nilai ketuntasan siswa secara klasikal (85%) telah tercapai. Dari perkembangan siklus I dan sikus II dapat dilihat terjadi peningkatan hasil belajar secara individual maupun klasikal. Pada test hasil belajar siklus I terdapat 44,82% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada tes hasil belajar siklus II terdapat 86,20% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan terjadi peningkatan sehingga dapat disimpulkan pembelajaran ritmik pada pelajaran pendidikan seni budaya dengan penerapan lesson study yang dituangkan pada tes hasil belajar siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar baik secara individu maupun klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar pertunjukan musik pada siswa kelas X Mia 1 di SMA Parulian 1 Medan.