PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATURLI (CATUR PERKALIAN) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan media pembelajaran kotak caturli (Catur Perkalian) Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode pengembangan R & D. Penelitian ini menggunakan pembatasan langkah penelitian sebanyak 5 langkah. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu 1) potensi masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain. Subjek ahli dan guru SD Kelas II SD Negeri 104607 Sei Rotan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media pembelajaran Caturli (Catur Perkalian) yang dikembangkan tergolong pada kriteria media pembelajaran yang “Sangat Baik”. Hasil dari validitas ahli materi terhadap produk media Caturli (Catur Perkalian) memiliki rentang persentase 93,68% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil dari valitidas ahli media Caturli (Catur Perkalian) memiliki rentang presentase 83,33% dengan kategori “Sangat Baik”, Hasil respon guru Ahli pembelajaran kelas II memiliki rentang presentase 91,6 % dengan kategori “Sangat Baik” dengan makna “Layak” dengan makna “Layak” dan dapat digunakan. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media Caturli (Catur Perkalian) adalah diharapkan ada uji coba lapangan agar mengetahui keefektifan media pembelajaran.