Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 5 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping yaitu X DPIB 3 dan 30 siswa untuk kelas kontrol yaitu X DPIB 1 menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan materi pembelajaran Teknik Perawatan dan Pengecekan Jenis Optik. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 25 soal yang memenuhi analisis instrumen tes dengan reliabilitas sebesar 0,8640. Pada awal penelitian diberikan pre-test, adapun hasil belajar yang didapat adalah pada kelas eksperimen rata-rata kelas adalah 49,6, standar deviasi 7,53 dan variansnya 56,78 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata kelas adalah 46 standar deviasi 9,50 dan variansnya 90,34. Dari hasil pre-test ini terlihat bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan perlakuan masih tergolong rendah. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji liliefors, maka uji normalitas pre- test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,11 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai pre-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,143 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Kemudian uji normalitas nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai post-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,159 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Penggunaan model pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional yang dilanjutkan dengan uji-t diperoleh thitung = 6,71 > ttabel = 1,672, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah pada pokok bahasan Teknik Perawatan Dan Pengecekan Jenis Optik secara efektif pada model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional