Daftar Isi:
  • Media pembelajaran memberikan dampak besar terhadap keberhasilam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan generik kimia mahasiswa serta melihat respon mahasiswa terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) ) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 23 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan prodi pendidikan kimia. Dengan menggunakan instrument tes berupa tes kemampuan generik kimia mahasiswa dan instrument tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t-one sampel. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Articulate Storyline 3 yang memiliki kelebihan yaitu memiliki antarmuka pengguna atau tampilan yang lebih mudah digunakan yang mampu menciptakan presentasi yang menarik serta interaksi yang lebih menyeluruh, variatif dan kreatif telah layak sesuai BSNP dengan perolehan rata-rata uji kelayakan dari ahli materi dan media sebesar 3.73 dalam skala 4,00. Peningkatan kemampuan generik kimia mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Articulate Storyline 3 adalah tinggi dengan nilai N-Gain 0,74 dan keterampilan generik sains yang paling terkembangkan adalah pengamatan langsung, dari hasil uji t-one sample yang dilakukan kemampuan generik yang diperoleh mahasiswa dapat memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 80, dengan rata-rata posttest mahasiswa 83,4 dan diperolehnya nilai sig. = 0,029 < 0,05. Respon mahasiswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis ibkuiri terbimbing pada materi golongan karbon sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 89%.