Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan saat belajar daring, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun saat belajar daring, 3) Mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 Tahun di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini 5 orang tua anak usia 5-6 tahun di PAUD Oberhausen Pangururan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan reduksidata, display data dan menyimpulkan data. Pengolahan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun saat belajar daring di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan adalah mendampingi, menjalin komunikasi, mendukung dan menyediakan fasilitas belajar anak saat melakukan kegiatan belajar membaca permulaan seperti menyebutkan beberapa huruf abjad, menggabungkan beberapa huruf menjadi kata dan menyebutkan satu persatu huruf yang terdapat pada gambar. Faktor pendukung dan faktor penghambat peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak yaitu faktor waktu dan juga lingkungan sekitar anak. Kemampuan membaca permulaan ke 5 orang anak usia 5-6 di PAUD Oberhausen saat dilaksanakan pembelajaran secara daring 3 orang anak sudah berkembang karena anak sudah mampu memenuhi 3 indikator pencapaian membaca permulaan yang telah ditentukan, sedangkan 2 orang anak lagi belum berkembang.