Evaluasi Penerapan Pembelajaran Geografi Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk:(1)mengevaluasi penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran geografi di 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dan (2) menganalisis efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran geografi di 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan sampel 5 guru geografi dan 136 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan studi dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran geografi di 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan bervariasi dalam menerapkan pembelajaran online. Dilihat pada aspek perencanaan bahwa tiap guru geografi sudah menggunakan RPP online. Pada aspek pelaksanaan diketahui bahwa tiap guru geografi sudah menerapkan pembelajaran online sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Aplikasi yang digunakan oleh tiap guru geografi bervariasi seperti: Classroom, WhatsApp group dan Zoom Meeting. Media pembelajaran yang digunakan berupa Power Point dan vidio, metode pembelajaran yang digunkan tiap guru geografi ialah: ceramah dan berdiskusi. Pada aspek penilaian pembelajaran diketahui bahwa tiap guru geografi menggunakan penilaian pembelajaran, seperti: penilaian pengetahuan,penilaian sikap,penilaian keterampilan dan (2) Efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran geografi di 5 SMA Negeri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan termasuk katagori efektif dan cukup efektif dan di peroleh 73% dari keseluruhan siswa menilai pelaksanaan pembelajaran sudah efektif dan 27% mengatakan cukup efektif. Menurut pendapat tiap guru geografi pembelajaran secara online masih kurang efektif jika dibandingakan dengan tatap muka dikarenkan beberapa hal, seperti: masalah jaringan yang menjadi masalah utama dalam pembelajaran online karena dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif.