Analisis Dampak Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Nafiri Kasih Sibuntuon Kec. Uluan T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran online terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Nafiri Kasih Sibuntuon T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun (kelas B) TK Nafiri Kasih Sibuntuon, 15 orangtua anak dan 1 orang guru kelas B TK Nafiri Kasih Sibuntuon. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di cek melalui triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak di TK Nafiri Kasih Sibuntuon selama mengikuti proses pembelajaran online (daring) pada masa Pandemi Covid-19 dalam aspek menyebutkan angka 1-20, menjumlahkan dan pengurangan sederhana, menyebutkan, mengelompokkan, mengurutkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran termasuk dalam kategori mulai berkembang dan berkembang. Pencapaian perkembangan kognitif anak di TK Nafiri Kasih Sibuntuon dikarenakan guru selalu berusaha memberikan tugas-tugas kepada anak yang mampu menstimulus kemampuan kognitif anak. Dampak lain dari pembelajaran online (daring) terhadap kemampuan kognitif anak adalah beberapa orangtua yang kurang mendukung atau berpartisipasi dalam pembelajaran anak di rumah. Anak tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena tidak adanya bimbingan dari orangtua karena orangtua sibuk ke ladang dan ke sawah.