Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Capaian Kemampuan Menyimak Anak Usia 5 – 6Tahun di TK Iskandar Muda Medan T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimak anak yang masih kurang optimal dalam menceritakan kembali sebuah cerita dengan bahasa sendiri, (2) Anak masih kurang focus memperhatikan guru menjelaskan, (3) Anak masih ragu – ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru, (4) Anak belum optimal dalam mengerjakan LKPD yang diberikan guru, (5) Media pembelajaran yang kurang menarik dalam mengembangkan bahasa anak, (6) Media audio visual belum digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap capaian kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Iskandar Muda Medan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini kelas B1 11 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 11 orang sebagai kelas control. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 11,95 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 7, sehingga kemampuan menyimak anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata – rata pada kelas control 9,40 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 7, sehingga kemampuan menyimak anak pada kelas control tergolong kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,255 < 2,228 pada taraf α= 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak usia 5 – 6 Tahun di TK Iskandar Muda Medan T.A 2020/2021.