Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berjudul “ Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Anak Usia 5-6 tahun di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo Kecamatan Barus Utara T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar berhitung anak usia dini di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo, yang dilaksanakan pada tanggal 26 April sampai 29 Mei 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B TK Kasih Luther HKBP Sihorbo T.A 2020/2021 pada semester II ( genap ) dengan jumlah siswa 5 orang anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 5 orang anak kelas B di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo mengalami kesulitan belajar berhitung, Kesulitan belajar berhitung yang dialami oleh setiap anak berbeda-beda. Adapun kesulitan belajar berhitung yang dialami oleh anak adalah kesulitan dalam mengenal angka, kesulitan dalam mengenal bentuk geometeri, dan yang terakhir adalah kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung sederhana.