Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi asesmen perkembangan anak usia 5 – 6 tahun di TK, dan apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan asesmen perkembangan anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen perkembangan anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk melihat implementasi asesmen perkembangan anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi asesmen perkembangan anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi asesmen perkembangan anak usia dini masih belum optimal.