PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SKB BINJAI
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. belum terdapat pada diri warga belajar untuk belajar mandiri. 2. warga belajar tidak terlalu senang melibatkan diri dalam tugas-tugas. 3. warga belajar belum mampu menciptakan suatu relasi yang sehat dengan orang lain. 4. warga belajar lebih pasif dalam kegiatan pembelajaran. 5.perilaku warga belajar yang cenderung emosional. 6.kurangnya pelatihan dan pendidikan bagi tutor. 7.kurangnya kreativitas pembelajaran bagi warga belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap kreativitas belajar warga belajar paket c. Adapun teori yang mendukung penelitian ini mengacu pada pendapat Wahyudi (2012 : 31), “menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tutor dalam mengelola proses pembelajaran warga belajar. Kemampuan pedagogik juga ditunjukkan dalam membantu, membimbing dan memimpin warga belajar”. Kemudian teori tentang kreativitas belajar yang di kemukakan oleh Hikmah (2010 : 4) bahwa “kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada”. Kreativitas juga berarti proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas) dan originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelabrasikan (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 30 orang warga belajar paket c aktif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah Ŷ = 41,8+0,104X. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap kreativitas belajar warga belajar. Dan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai nilai