Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan melihat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan. Dimana yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan berjumlah 101 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel Dukungan Sosial Teman Sebaya dan variabel Penyesuaian Diri. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis hipotesis korelasional product moment. Diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri. Dengan nilai rxy = 0,558 dan tingkat signifikansi 0,000 dari data tersebut terlihat bahwa rhitung > rtabel. Di mana 0,558 > 0,05 artinya hipotesis diterima. Sedangkan kontribusi secara simultan variabel dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri sebesar (rxy)2 = (0,558)2 = 31,13 (31,13%). Dukungan sosial teman sebaya memberikan kontribusi terhadap penyesuaian diri sebesar 31,13% hal ini berarti masih terdapat 68,87% faktor lain yang dapat memengaruhi penyesuaian diri. Dari hasil tersebut maka diharapkan untuk pihak SMP Swasta Imelda Medan memberikan perhatian dan dukungan sosial dengan lebih baik lagi kepada siswa, sehingga siswa dapat optimal dalam menyesuaikan diri lebih baik lagi dan diharapkan dapat membantu agar program layanan bimbingan dan konseling yang dibutuhkan dapat tercipta dengan baik.