Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap prilaku terisolr siswa SMA Negeri 11 Medan pada tahun 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode penlitian quasi experimen (eksperimen semu) dan desain penelitiannya time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok melalui pendekatan REBT mengalami perubahan terhadap perilaku terisolir dengan rincian nilai yang semakin besar skor maka semakin berkurangnya perilaku terisolir dimana adanya peningkatan sebesar 44% ke arah lebih baik pada hasil Pre-test di pertemuan pertama skor keseluruhan subyek ialah sebesar 519 dan pada Post-test akhir pertemuan subyek mendapatkan skor sebesar 749 Subyek. Dalam pengujian hipotesis pada Pre-test pertemuan pertama terdapat nilai Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 maka hipotesis di terima dan hasil ini konsisten hingga di akhir pertemuan. Maka hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif untuk mengubah prilaku terisolir siswa SMA Negeri 11 Medan ke arah positif.