Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap minat belajar daring siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode eksperimental semu (quasi experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu nilai J hitung = 6 dengan α = 0,05 dan n = 6 sehingga nilai J tabel adalah 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 8 > 4. Artinya hipotesis diterima, ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap minat belajar daring siswa pada kelompok eksperimen. Data pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh skor dengan rata-rata 68,83 dan dari hasil post-test pada kelompok eksperimen diperoleh skor dengan rata-rata 91,33 dengan selisih 22,5. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi daripada sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Maka dapat disimpulkan bahawa layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dapat digunakan untuk mengatasi minat belajar pada siswa