Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan penguasaan konten menggunakan teknik mind mapping dalam meningkatkan creative thinking pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bintang Bayu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juni 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan jenis Pre-test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Sampel pada penelitian ini sebnayak 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Tes Kreativitas Siswa. Dari hasil analisa data dalam penelitian ini menggunakan tes kreativitas standart yaitu nilai rata-rata awal sebelum diberikan layanan penguasaan konten sebesar 52,8% dan setelah diberikan layanan penguasaan penguasaan konten sebesar 85,8%. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test diperoleh sebesar 43%, sedangkan data post-test (setelah diberikan layanan penguasaan konten teknik mind mapping) diperoleh sebesar 85,8%. Artinya skor siswa setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik mind mapping lebih besar daripada sebelum mendapat layanan penguasaan konten teknik mind mapping. Layanan penguasaan konten teknik mind mapping memberikan kontribusi 42,8% terhadap peningkatan kemampaun berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai